Blogroll

Sunday, March 18, 2012

Istighotsah

Istighotsah adalah kegian merendahkan diri, memohon pertolongan dan mohon ampun kehadirat Allah SWT. Kegiatan isttighotsah biasanya dilaksanakan ketika sahibul hajat ingin mengadakan doa bersama untuk menyelamati keluarganya yang telah mendahuluinya. Atau dalam suatu hajat tertentu. 

Di Indonesia istighotsah diartikan sebagai dzikir atau wiridan yang dilakukan secara bersama-sama dan biasanya di tempat-tempat terbuka untuk mendapatkan petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT. Sementara doa-doa yang diucapkan pada saat istighotsah adalah doa-doa atau bacaan yang khas diamalkan dalam jama’ah thoriqoh, meski kadang ada beberapa penambahan doa.

Pertama-tama para jama’ah istighotsah membaca surat pertama dalam Al-Qur’an yakni Al-Fatihah sebagai pembuka segala kegiatan yang baik. Selanjutnya jama’ah membaca doa-doa berikut:
1. Istighfar (astagfirullahal adzim) meminta ampun kepada Allah
2. Hauqolah (la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim) meminta kekuatan kepada Allah
3. Sholawat atau doa untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya
4. Lafadz tahlil panjang yang berbunyi “La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin” sebagai pengakuan bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa hamba yang sedang berdoa telah melakukan perbuatan dzolim.
5. Memuji asma Allah dengan lafadz “Ya Allah ya Qodim, ya Sami’u ya Basyir, ya Mubdi’u ya Kholiq, ya Hafidz ya Nasir ya Wakilu ya Allah, ya Lathif
6. Kemudian bacaan istighotsahYa Hayyu ya Qoyyum birohmatika astaghits
Jumlah bacaan bisa bermacam-macam antara 1, 3, 7, 33, 100, atau 1000 tergantung sang pemimpin jama’ah istigotsah. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat Yasin dan dilanjutkan dengan tahlil untuk mendoakan para orang tua, guru, sesepuh, anak, dan saudara yang telah menghadap Sang Kholiq.

JAMAAH AL-KHIDMAH 


Majelis dzikir dan maulidurrasul SAW Al-Khidmah adalah rintisan Hadratussyaikh Achmad Asrori Al-ishaqi RA. Semoga Allah merahmati beliau beserta orang orang salih yang mengikuti perjalanan beliau. Amin Ya Rabbal Alamin.
Kegiatan istighosah pada jamaah Al-Khidmah sama seperti istighotsah pada umumnya. Yakni dengan membaca suratul Fatihah sebagai pembuka diteruskan dengan istighfar, dll. Pada jamaah tersebut ditambahi dengan pembacaan manaqib Syekh Abdul Qadir Al Jaelani RA. yang dikumpulkan dalam buku karangan Santri santri Al Fitrah Kedinding.

Selain pembacaan manaqib, jamaah tersebut juga melantunkan mahalul qiyam. sehingga jamaah tersebut biasa juga disebut jamaah istighotsah wal manaqib maulidurrasul SAW.
Manaqib sendiri adalah kumpulan kenangan indah seorang ulama. disini kami akan memberikan link download manaqib Syekh Abdul Qadir Al Jaelani RA



ISTIGHOTSAH DI SMANEMA
Kegiatan istighotsah di smanema biasa dilakukukan pada awal tahun ajaran, akhir semester dan menjelang UNAS kakak kelas 12.
Selain diadakan kegiatan rutinan tersebut. Kami dari Remas dan OSIS-MPK juga menjalin kerjasama dengan jamaah Al-Khidmah Gresik. Sebagai bukti, kami ikut terlibat dalam kepanitiaan Haul Akbar Gresik 2012 dan Haul Akbar Syekh Ainul Yakin atau sunan giri.

DOKUMENTASI



HAUL AKBAR GRESIK



HAUL AKBAR SAYYIDINA MUHAMMAD AINUL YAKIN SUNAN GIRI

0 comments:

Post a Comment